Tips Cara Mengatasi Kecanduan Gadget Pada Anak

Tips Cara Mengatasi Kecanduan Gadget Pada Anak  - Gadget adalah suatu perangkat yang memiliki fungsi yang lebih spesifik, bersifat praktis dan dirancang dengan teknologi yang sangat canggih, salah satu contoh dari gadget yang sering kita gunakan adalah Smartphone. tentu jika dilihat dari kegunaanya smartphone menjadi wujud nyata dari perkembangan teknologi yang memberikan kemudahan dalam mengakses informasi dan kemudahan kepada penggunanya. namun dari begitu banyak kegunaan dari gadget sebagai pengguna kita sering menggunakan gadget untu hal-hal yang salah. dari hal tersebut admin mencoba membahas tentang Tips Cara Mengatasi Kecanduan Gadget Pada Anak, ketertarikan admin mengambil judul ini karena pada jaman sekarang pengguna gadget tidak hanya orang dewasa tetapi anak dibawah umur.


Tahukah anda bahwa penggunaan gadget pada anak dibawah umur akan membawa dampak negatif yang sangat luar biasa, adapun dampak negatif dari penggunaan gadget dibawah umur adalah :

1. Gadget Mempengaruhi Respon visual anak
2. Pertumbuhan Otak anak terlalu cepat
3. Hambatan Perkembangan
4. Obesitas.
5. Penyakit Mental Terhadap anak
6. Pikun Digital
7. Gangguan Tidur
8. Radiasi
9. Meniru Hal-hal Negatif


Berdasarkan kedelapan poin diatas, tentu masih sangat banyak dampak negatif pengguna gadget pada anak yang tidak bisa admin paparkan, tentu dengan demikian kita harus mengantisipasi seorang anak agar tidak kecanduan dan jika sianak telah terlanjur candu dengan gadget, anda dapat menyimak tips cara mengatasi kecanduan gadget pada anak di bawah ini.

1. Membatasi Penggunaan

Cara yang pertama dalah membatasi penggunaan gadget , tentu sebagai orang tua kita harus memberikan batasan penggunaan gadget, mungkin hal ini akan sulit diterapkan karena anak telah terlanjur kecanduan dan kemungkinan sianak akan brontak, namun demi kebaikan anak lakukan lah cara ini.


2. Beri Jawal

Langkah yang kedua adalah memberikan jadwal penggunaan gaget kepada anak, mungkin selama ini sianak tidak anda berikan jadwal menggunakan gadget sehingga sianak dengan bebas menggunakannya, mungkin anda bisa mengatur jam berapa saja sianak bisa menggunakan gadget. setela anda memberikan jadwal untuk penggunaan gadget kemudian berikan kegiatan alternatif agar sianak tidak terpokus pada gadgetnya.


3. Uninstal Aplikasi yang membuat sianak kecanduan.

Langkah ketiga adalah uninstal aplikasi yang membuat sianak kecanduan terhadap gadget, tentu langkah ini perlu anda lakukan bisanya anak tahan berlama-lama di gadegt mereka karena faktor aplikasi yang mereka sukai pada gadget, seperti geme, aplikasi sosial media dll. jadi anda perlu melakukan pengecekan aplikasi.

4. Jangan berikan Akses Internet
Setelah anda melakukan penginstalan kemudian jangan berikan akses internet kepada sianak, bisa saja mereka menginstal kembali aplikasi yang telah anda unistall.

5. Instal Aplikasi Bermanfaat

Jika anda telah melakukan langkah keempat dengan tidak memberikan akses internet langkah yang kelima adalah silahkan instal aplikasi yang brmanfaat, mungkin aplikasi yang mengajak sianak untuk belajar bahasa ingris, dll.

6. Beritahu Efek Buruk penggunaan Gadget

Setalah langkah petama sampai kelima telah anda lakukan selanjutnya berikan pendekatan kepada anda kemudian beritahu efek buruk penggunaan gadeget. sehingga sianak bisa memahaminya

7. Berikan Contoh Yang Baik.

yang terakhir adalah dengan memberikan contoh yang baik kepada anak, sebagai orang tua yang bijak berikan lah contoh yang kepadanya, contohnya jangan menggunakan gadget milik anda saat sianak anda berikan jadwal untuk tidak menggunakannya.

Itu la Tips cara mengatasi kecanduan Gadget pada anak. tentu cara-cara diatas akan sulit anda terapkan diawal namun kami yakini jika anda menerapkan tips ini secara konsiten maka dengan sendirinya sianak akan terbiasa. cara diatas adalah cara yang kami rekomendasikan namun sebagai orang tua yang telah memhami sifat sianak mungkin memiliki cara yang berbeda.

Itulah tips dari kami, semoga dengan tips ini dapat bedampak psitif dan membawa perubahan kepada anak anda, jika anda menyukai artikel ini silahkan bagikannya.





Iklan Atas Artikel



Iklan Tengah Artikel 1



Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel