Cara Menentukan Keyword Yang Berkualitas Untuk Menulis Artikel


COPAD | Cara Menentukan Keyword Yang Berkualitas Untuk Menulis Artikel - Halo sobat COPAD, pada kesempatan kali ini mimin akan membagikan salah satu cara menentukan keyword yang berkualitas untuk dijadikan bahan membuat artikel nantinya. Tapi sebelum itu, mari kita simak terlebih dahulu penjelasan singkat mengenai keyword.

Apa itu Keyword?

Keyword (kata kunci) adalah sebuah kata atau rangkaian kata yang digunakan seseorang untuk mencari sebuah informasi di internet melalui mesin pencarian, seperti Google, Yahoo, dan Bing. Keyword terbagi menjadi dua, yaitu Short Tail Keyword dan Long Tail Keyword.

Short Tail Keyword (STK) adalah keyword (kata kunci) yang hanya terdiri dari satu kata saja, seperti Facebook, Google, Yahoo, Twitter, Wikipedia, dan lain-lain. STK ini nantinya akan terhubung dengan suatu blog atau web beserta dengan artikelnya, melalui URL-nya masing-masing.

Contohnya, ketika mimin mengetikkan keyword "COPAD" pada kolom mesin pencarian lalu menekan enter, maka mimin akan dialihkan pada sebuah halaman pencarian. Dan di situ sudah terdapat web dari COPAD beserta dengan artikel-artikelnya dengan URL-nya masing-masing.

Long Tail Keyword (LTK) adalah keyword (kata kunci) yang terdiri dari beberapa kata dan dapat terbentuk menjadi sebuah kalimat, seperti cara menjadi kaya, cara blogging, apa itu keyword?, tutorial memasak agar menjadi ibu yang baik, internet adalah dan lain sebagainya. LTK ini lebih mengarah pada sebuah artikel di blog atau website. Selain itu, LTK berperan penting dalam SEO karena penggunaannya yang lebih luas dibandingkan dengan STK.

Baiklah, itu saja penjelasan singkat mengenai keyword dari mimin, jika kalian ingin lebih mendalami mengenai keyword, kalian bisa mencarinya langsung di Google. Selanjutnya, mari kita simak salah satu cara menentukan keyword yang berkualitas untuk dijadikan bahan menulis artikel.
1. Buka situs Ubersuggest atau kalian bisa langsung Klik Di Sini.

2. Masukkan keyword (kata kunci) baik itu STK maupun LTK sesuai keinginan kalian, seperti AdSense atau apa itu AdSense. Jangan lupa untuk mengganti lokasi negara sesuai dengan lokasi negara tujuan dan bahasa yang digunakan oleh blog atau web kalian. Selanjutnya, klik Look Up.

3. Setelah itu, scroll ke bawah dan akan muncul berbagai keyword (kata kunci) yang berkaitan dengan keyword (kata kunci) yang kalian ketikkan sebelumnya. Di sini, kalian bisa melihat seberapa banyak orang yang mencari keyword tersebut, seberapa besar CPC (Cost Per Click) dari keyword tersebut, dan seberapa sulit berkompetisi dari keyword tersebut dengan pengguna lainnya. "Tingkat kesulitannya mulai dari 0.01 (sangat mudah) sampai 1.0 (sangat sulit)''.

4. Untuk menentukan keyword yang berkualitas, dapat kalian lihat pada seberapa banyak jumlah penayangnya (orang yang mencari keyword tersebut). Semakin tinggi jumlah penayangnya semakin bagus kualitas keyword tersebut. Namun, akan semakin sulit pula persaingan dari keyword tersebut.  Maka dari itu, carilah keyword yang banyak jumlah penayangnya namun persaingannya kecil, untuk memudahkan kalian masuk halaman pertama pada pencarian. 

Selain itu, kalian dapat menggunakan keyword yang jumlah penayang dan saingannya kecil agar lebih mudah masuk halaman pertama pada pencarian. Walau dengan keyword yang jumlah penayangnya sedikit, namun berhasil masuk halaman pertama pada pencarian, ini akan meningkatkan Ranking Global Alexa kalian yang membuat blog atau web kalian menjadi semakin populer.

5. Setelah menentukan keyword mana yang akan kalian gunakan, selanjutnya tinggal memasukkan keyword tersebut pada judul artikel dan juga pada isi artikelnya nanti. 

Contoh:
Misalnya, mimin memilih keyword "adsense di blog" pada halaman kedua dari data keyword yang sudah mimin masukkan sebelumnya yaitu AdSense. Lalu mimin membuat artikel baru dengan judul "Cara Daftar AdSense di Blog Khusus Akun Hosted". Setelah itu, mimin membuat isi artikelnya dengan memasukkan keyword itu juga pada 100 kata pertama agar lebih SEO.

Catatan:
Untuk menyimpan data keyword yang sudah kalian cari, klik Select All lalu Copy kemudian Paste di Notepad/Word/Excel atau yang lainnya. Atau kalian bisa langsung menyimpannya dengan mengklik Export to CSV.

Akhir Kata
Sekian untuk artikel Cara Menentukan Keyword Yang Berkualitas Untuk Menulis Artikel kali ini, semoga yang mimin berikan dapat bermanfaat. Terus kunjungi blog COPAD atau langsung Subscribe untuk berlangganan artikel terbaru dan bermanfaat lainnya secara gratis. Untuk perhatiannya mimin ucapkan terima kasih dan mohon maaf untuk segala keterbatasan serta kesalahan dalam penulisan ataupun kata-kata yang kurang berkenan.

Iklan Atas Artikel



Iklan Tengah Artikel 1



Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel