Cara Paling Mudah Bikin Startup Sendiri

Iklan Semua Halaman

Cara Paling Mudah Bikin Startup Sendiri

Senin, 07 Oktober 2019
Baca Juga
DONASI VIA PAYPAL/GOPAY/OVO Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Untuk Donasi via Gopay & OVO Kirim ke 0812 1048 8454 Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain www.ihsanmagazine.com. Terima kasih.

Ihsan Magazine - Menjamurnya startup di Indonesia adalah angin segar bagi semua kalangan mulai dari pengganguran, karyawan, ibu rumah tangga hingga perusahaan kecil menegah.

Membangun sebuah startup memang tidak mudah, ada banyak halangan dan cobaan butuh waktu dan tenaga lebih, anda tidak bisa tidur nyaman dan masih banyak lagi.

tetapi jika anda konsisten dan serius, belajar dari kesalahan dan mampu bekerja sendiri maupun di dalam tim, maka Insya Allah anda akan sukses.

Disini saya akan share beberapa tips dan trik membangun startup paling gampang dan paling mudah yang biasa diambil oleh para unicorn & decacorn dulunya hingga menjadi seperti sekarang ini, yaitu:

Cara Paling Mudah Bikin Startup Sendiri

Carilah Masalah Yang Anda Temui & Rasakan Sehari – hari


Pada dasarnya, perusahaan startup adalah sebuah perusahaan yang menggunakan teknologi untuk menyelesaikan masalah yang ditemui di masyarakat sehari – hari.

Oleh karena itu, anda dapat memulai memikirkan konsep startup anda dari apa yang anda rasa ‘masalah’ dan butuh diselesaikan dengan bantuan teknologi.

Contohnya Travis Kalanick dan Garrett Camp menciptakan Aplikasi Uber karena mereka kesulitan untuk memesan taksi. Mereka meyakini itu adalah sebuah masalah yang sering ditemui di masyarakat sehari – hari.


Carilah Co-Founder Dari Lingkungan Anda Terlebih Dahulu


Setelah memiliki ide, carilah seseorang untuk membangun startup bersama anda. Hal ini sangat penting di fase awal membangun sebuah startup saat dibangun dari 0 (nol) karena anda tidak dapat menjalankan dengan sendirian.

Anda dapat mencari seorang co-founder atau wakil anda dari lingkungan terdekat anda terlebih dahulu. Bisa dari teman hingga seseorang yang anda ketahui saat bertemu di sebuah event startup.

Mulailah Membangun Pelan – Pelan


Mungkin banyak yang berpendapat jika untuk memulai sebuah startup membutuhkan hal – hal yang luar biasa ribet.

Seperti misalkan dana yang besar hingga anggota tim yang besar. Sebetulnya, anda dapat memulai dari hal – hal yang kecil terlebih dahulu. Seperti misalnya buatlah terlebih dahulu aplikasi atau website yang sederhana (tahap beta) dengan dana yang seminim mungkin. Selanjutnya, anda baru membuatnya semakin kompleks seiring berjalannya waktu & permintaan.

Anda juga dapat mengikuti seminar atau workshop yang berkaitan tentang startup. Banyak sekali seminar atau workshop yang memberikan pemahaman membangun startup dari berbagai sisi, mulai dari membangun konsep, Human Resource, Finance, hingga Programming!

Mintalah Feedback Dari Konsumen Anda


Memulai & membangun startup tidak akan bisa lepas dari feedback user startup anda. Karena anda harus terus memahami apa yang diminta & dibutuhkan oleh audience anda.

Pada saat tahap beta atau pre-launching, dengan cara ini anda akan terus membangun startup anda dengan customer-oriented yang mempunyai kesempatan besar untuk memiliki customer yang loyal terhadap startup anda.

Bangun Relasi & Berkolaborasilah!


Sama seperti manusia yang tidak bisa survive jika hanya sendirian. Startup pun juga membutuhkan pihak lain untuk terus bisa survive & sustainable, apalagi jika anda benar – benar membangun startup dari nol. Oleh karena itu, anda membutuhkan relasi dengan cara terus menerus mengembangkan networking anda.

Dengan relasi yang luas, anda memiliki banyak opsi kesempatan untuk berkolaborasi dengan pihak lain untuk menghasilkan kerja sama yang sama – sama menguntungkan.


Saran saya Pribadi:

Seberapa Besar Tekad Andalah yang Menentukan Kesuksesan

Membangun sebuah startup itu adalah pekerjaan yang sulit yang membutuhkan tekad kuat dan mental baja.

Terlebih jika tidak memiliki modal kemampuan sebagai coder, programmer ataupun developer.

Namun demikian jangan jadikan kelemahan yang ada pada diri Anda itu semua sebagai alasan untuk menghambat keinginan Anda mendirikan startup.

Justru kelemahan yang ada pada Anda tersebut jadikan sebagai pemantik semangat Anda dalam mengembangkan startup. Kelemahan itulah yang seharusnya membuat semangat Anda berlipat-lipat dalam membangun startup. Buktikan bahwa Anda pun juga mampu mendirikan startup teknologi yang bagus untuk masyarakat.

Pahami ini sebelum membuat startup:
  • Apa itu Startup
  • Apa itu Pitchdesk
  • Apa itu Quotation
  • Apa itu Breakdown
  • Apa itu SOW (Scope of Work)
  • Bagaimana cara berkolaborasi
  • Siapakah anda? Hustler/Hipster/Hacker?
Ingat yang dicari INVESTOR adalah : Masalah, Solusi, Revenue!

Dan saya aktif di Telegram banyak grup startup yang akan membantu anda dalam inkubasi, semintar, dan lain lain sebagainya, Selebihnya anda bisa artikel menarik yang satu ini:

https://www.domainesia.com/tips/3-cara-membuat-startup-sederhana/

di artikel kedepan saya akan bahas soal inkubasi startup dan revenue.