Contoh Usulan Kepingan 1 Aplikasi Media Pembelajaran Untuk (Toeic) Berbasis Android

Iklan Semua Halaman

Contoh Usulan Kepingan 1 Aplikasi Media Pembelajaran Untuk (Toeic) Berbasis Android

Jumat, 15 Februari 2019
Baca Juga
DONASI VIA PAYPAL/GOPAY/OVO Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Untuk Donasi via Gopay & OVO Kirim ke 0812 1048 8454 Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain www.ihsanmagazine.com. Terima kasih.

APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK TEST OF ENGLISH FOR INTERNATIONAL COMMUNICATION (TOEIC) BERBASIS ANDROID

PENDAHULUAN

1.      Latar Belakang
Seperti yang kita ketahui, Bahasa inggris yaitu bahasa yang paling banyak dipakai untuk berkomunikasi di banyak negara. Bahasa inggris menjadi bahasa yang paling terkenal dan sangat penting untuk di pelajari. dalam dunia kerja sendiri, khususnya di Indonesia ketika ini sudah banyak perusahaan abnormal dan berkembangnya MEA yang menuntut kita untuk mempelajari Bahasa inggris sebagai alat untuk berkomunikasi.
TOEIC yaitu ujian yang berstandar international yang di gunakan untuk mengukur kemampuan berbahasa inggris seseorang, dalam berkomunikasi di dunia kerja. Hasil tes TOEIC menerangkan seberapa baik penguasaan Bahasa inggris seseorang dalam berkomunikasi dengan orang lain di dunia kerja global. Banyak sekali perusahaan yang sering memakai test TOEIC dalam melaksanakan penerimaan karyawan gres nya serta dalam promosi jabatan tertentu.
Ada banyak sekali cara yang harus di lakukan supaya mendapat hasil test TOEIC yang cukup memuaskan, salah satunya menyerupai mengikuti kursus dan berguru latihan soal perihal TOEIC. namun mahalnya biaya ditempat kursus, serta impian berguru yang serba gampang dan instan serta sanggup dilakukan dimanapun dan kapanpun maka di perlukan penemuan dan solusi gres yang memungkinkan bisa memenuhi akan kebutuhan tersebut yaitu membangun sebuah aplikasi media pembelajaran yang berbasis android.
Android yaitu system operasi yang bersifat open source yang banyak di gunakan pada smartphone ketika ini. Dari laporan detik.net pada tahun 2015, Indonesia sendiri tercatat sebagai negara dengan jumlah pengguna smartphone android terbanyak seasia tenggara yaitu totalnya 41 juta pengguna atau pangsa pasarnya 94% dan sementara IOS hanya 2,8 juta atau 6%. Dengan besarnya penggunaan smartphone android ini, maka akan menjadi peluang yang baik bagi para pengembang aplikasi di indonesia. Sehingga dibutuhkan dengan di bangunnya aplikasi media pembelajaran TOEIC berbasis android, bisa menawarkan peningkatan pada pembelajaran Berbahasa inggris dengan memanfaatkan smartphone nya.



2.       Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang sudah di uraikan diatas, maka rumusan duduk masalah dari penelitian ini yaitu bagaimana membangun dan merancang aplikasi media pembelajaran untuk Test Of English For International Communication yang berbasis android untuk mempermudah proses pembelajaran yang sanggup dilakukan dimanapun dan kapanpun.

3.       Batasan Masalah
Adapun Batasan Masalah yang dibentuk sebagai berikut:
a)      Aplikasi ini di buat memakai android studio dan databasenya memakai SQL Lite dan Firebase
b)      Aplikasi ini hanya sanggup berjalan pada android dengan minum version yaitu android Kitkat hingga dengan Android versi Nougat
c)      Aplikasi ini hanya menyediakan soal-soal dari Tes TOEIC saja

4.      Tujuan Penelitian
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk membangun sebuah aplikasi sebagai media pembelajaran untuk Test of English for International Communication (TOEIC) yang berbasis android untuk mempermudah proses pembelajaran yang sanggup dilakukan dimanapun dan kapanpun.
5.       Manfaat Penelitian
Adapun manfaat yang diperoleh yaitu Aplikasi ini bisa menawarkan akomodasi untuk berguru mengenai soal-soal Test of English for International Communication (TOEIC) yang sangat mempunyai kegunaan untuk mengevaluasi kemampuan berbahasa inggris kita.