25 Cara Mengatasi dan Merawat Rambut Rontok Rusak Dan Kering

Pasang Wifi myrepublic bsd

Baca Juga




Ihsan Magazine - Rambut yang cantik dan Sehat, Adalah Keinginan Hampir Semua wanita di seluruh dunia selalu ingin tampil cantik sempurna disetiap keadaan dan kesempatan.



Setiap detail yang ada pada tubuhnya tak pernah luput dari perhatian, salah satunya adalah rambut. Rambut ialah hal yang dianggap penting khususnya bagi wanita. 




Rambut adalah mahkota bagi setiap manusia, khususnya untuk wanita. Rambut dianggap juga sebagai hal yang sangat penting, disamping dapat mempercantik seorang wanita, rambut juga dapat dijadikan ajang untuk bergaya bagi seseorang.

Masalah ini cukup menyita perhatian khususnya para wanita, maka dari itu tidak heran banyak sekali produk-produk shampo yang menawarkan perawatan rambut untuk mengatasi rambut rontok.


Maka dari itu disini saya ingin membahas tentang cara mengatasi dan merawat


Cara Mengatasi dan Merawat Rambut Rontok 

1. Menggunakan Lidah Buaya
Kandungan dalam lidah buaya ternyata tak hanya mampu membuat rambut menjadi lebih sehat, tetapi juga lebih kuat dan mampu merangsang pertumbuhan rambut pada kulit kepala anda. 
Sebelum menerapkan cara ini basahi dulu rambut anda dan tunggu sampai setengah kering. 
Setelah itu usapkan lendir yang terdapat pada bagian daging lidah buaya. Usapkan pada rambut dan kulit kepala anda, biarkan 15 hingga 20 menit. Lakukan hal ini 2 hingga 3 kali dalam seminggu.
2. Kemiri
Kandungan minyak kemiri mampu membuat rambut menjadi lebih hitam, sehat dan mampu mengatasi masalah kerontokan rambut. 
Kandungan minyak kemiri mampu membuat akar rambut menjadi lebih kuat, dan mampu merangsang rambut untuk tumbuh pada bagian kulit kepala anda. 
Cara menggunakannya yakni dengan menyangrai kemiri yang sudah ditumbuk kasar. 
Setelah disangrai kemudian tumbuk sampai halus dan mengeluarkan minyak. Selanjutnya usapkan minyak kemiri tersebut pada rambut anda. Langkah terakhir yakni kramas dengan shampo agar rambut anda bersih.
3. Buah Alpukat
Cara selanjutnya adalah dengan memanfaatkan buah alpukat. Anda dapat menggunakan buah alpukat sebagai masker rambut, karena kandungan protein yang terdapat pada buah yang satu ini sangat efektif untuk menguatkan rambut dan mampu memberi nutrisi pada rambut anda. 
Selain mampu menguatkan rambut, buah ini juga mampu merangsang pertumbuhan rambut anda. Caranya cukup dengan menghaluskan buah alpukat kemudian balurkan pada rambut serta kulit kepala anda. Diamkan 20 menit lalu bilas dengan shampo agar bersih.
4. Yogurt
Yogurt merupakan salah satu bahan yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah kerontokan rambut. 
Caranya sangat mudah, anda dapat mengoleskannya pada bagian kulit kepala dan biarkan 10 hingga 15 menit. Terapkan cara ini 2 hingga 3 kali dalam seminggu hingga anda mendapatkan hasil yang anda inginkan.
5. Minyak Esensial
Beberapa minyak esensial yang terbukti dapat mengatasi rambut rontok yakni seperti minyak zaitun, minyak wijen, dan minyak kelapa. 
Anda dapat membalurkan minyak esensial pada rambut dan kulit kepala anda secukupnya dan lakukan juga pemijatan. Penerapan secara rutin 2 kali dalam seminggu dapat memberikan hasil yang maksimal.
6. Bawang Putih
Caranya yakni haluskan bawang putih dan gunakan sebagai masker rambut.
Setelah dibalurkan tunggu selama beberapa menit dan langkah terakhir yakni keramas menggunakan shampo agar rambut anda bersih.
7. Teh Hijau
Cara yang satu ini cukup mudah, yakni buatlah teh hijau panas seperti biasa dan tunggu sampai dingin. 
Setelah dingin basuhkan air teh tersebut keseluruh rambut Anda. Diamkan kurang lebih selama 1 jam dan bilas rambut anda dengan shampo.
8. Jahe
Jahe juga dapat mengatasi rambut rontok anda, caranya hampir sama seperti menggunakan bawang putih. Atau juga dapat anda kombinasikan keduanya dicampur dalam 1 blender. Kemudian oleskan pada rambut anda. (jangan lupa keramas).
9. Jeruk Nipis
Jeruk nipis yang identik untuk obat sakit tenggorakan ternyata juga bisa mengatasi rambut yang rontok. 
Dengan beberapa buah jeruk nipis, Anda sudah bisa melakukan perawatan rambut yang rontok secara alami. 
Caranya sangat mudah, cukup iris buah jeruk nipis menjadi beberapa irisan, dan usapkan pada kulit kepala. Jika Anda memilki ketombe, cara ini juga efektif untuk menghilangkan ketombe secara cepat. 
Setelah diusap secara merata, diamkan sekitar 15 menit, kemudian bilas dan keramas hingga bersih.
10. Hair Tonic
Jika anda mempunyai uang lebih mungkin anda bisa membeli hair tonic. Sekarang hair tonic sudah disediakan dalam berbagai merk. 
Tinggal Anda pilih mana hair tonic yang paling bagus dan tentunya terbuat dari bahan alami, salah satunya red ginseng hair tonic.
Cara Mengatasi dan Merawat Rambut Rusak dan Kering Yang Parah

– Hindari pencucian rambut setiap hari. Selama rambut cukup bersih dan mudah diatur, rambut dapat dicuci setiap 3 hari sekali. Jika rambut terlalu sering di cuci, minyak alami di kulit kepala akan semakin berkurang.

– Jangan menggosok rambut terlalu keras karena gesekan berlebih bisa menyebabkan rambut putus.

– Selalu gunakan sisir bergigi lebar dan sisir rambut dengan lembut. Jangan sisir rambut ketika masih basah, karena rambut sangat lemah.

– Biarkan rambut kering secara alami. Jika menggunakan alat pengering, nyalakan pada pengaturan paling rendah, karena suhu panas dari pengering rambut dapat merusak rambut.

– Mengenakan topi atau syal ketika akan beraktifitas diluar. Topi atau syal berguna untuk melindungi rambut dari paparan sinar matahari yang dapat merusak rambut.

– Pijat kepala Anda. Pijat kepala bermanfaat untuk memperkuat akar rambut dan meningkatkan sirkulasi darah pada rambut.

Masker Rambut Untuk Memperbaiki Rambut Rusak

Meskipun ada banyak jenis masker rambut tersedia di pasaran yang bisa Anda dapatkan dengan mudah. Namun masker rambut dari bahan alami lebih bagus untuk mengatasi rambut rusak karena tanpa bahan kimia, berikut adalah resep masker rambut untuk rambut kering dan rusak.

Resep # 1

Bahan:
– Minyak Zaitun –  5 sdm
– Telur – 2 butir


Cara membuat :

Campur 5 sdm minyak zaitun hangat dengan dua telur kocok. Oleskan campuran ini pada rambut dan kulit kepala dengan kuas. Bungkus kepala anda dengan shower cap dan biarkan sekitar 20 menit. Bilas dengan air hangat diikuti dengan sampo lembut.

Resep # 2

Bahan :
– Minyak Zaitun – 1 sdm
– Madu – 2 sdm
– Cuka sari apel – 1 sdm


Cara membuat :

Campur semua bahan diatas secara menyeluruh dan menerapkannya pada rambut dan kulit kepala Anda. 

Gunakan sisir bergigi lebar untuk menyisir rambut hingga masker merata di seluruh rambut. Biarkan selama satu jam, kemudian bilas dengan air hangat. Ini adalah salah satu resep masker rambut terbaik.

Resep # 3

Bahan:
– Pisang ( matang ) – 2 buah
– Madu – 2 sendok makan
– Susu setengah cangkir


cara membuat :

Haluskan pisang dan tambahkan madu dan susu, kemudian aduk hingga tercampur dengan baik. Oleskan secara menyeluruh pada rambut dan kulit kepala Anda. Biarkan selama sekitar 20 menit,kemudian bilas dengan air dingin diikuti dengan sampo lembut dan kondisioner.

Resep # 4
Bahan:
– Pisang – 1 bauh
– Minyak Gandum – 2 sdt
Yoghurt (plain) – 2 sdm
– Madu – 2 sdt-
– Susu kental – 2 sdt
– Minyak atsiri – 3 sampai 5 tetes


Cara membuat :

Masukan semua bahan ke dalam mangkuk kemudian blender hingga halus. Cuci rambut Anda dengan sampo pembersih, bilas dan tepuk hingga kering dengan handuk. Terapkan ini masker rambut ini ke seluruh rambut Anda kemudian membungkusnya dengan shower cap. Biarkan selama satu jam, kemudian bilas dengan shampo ringan diikuti dengan conditioner.

Resep # 5

Bahan :

– Alpukat (matang) – 1 buah
-Madu-1 sendok makan
– Minyak zaitun-2 sendok makan


Cara membuat :

Tumbuk alpukat dan tambahkan madu dan minyak zaitun. Aduk sampai berubah seperti krim, kemudian menerapkannya pada rambut Anda. Biarkan selama sekitar setengah jam, kemudian bilas dengan air, diikuti dengan sampo dan kondisioner.

Melindungi rambut dari kerusakan adalah cara terbaik untuk mendapatkan rambut indah dan sehat.

Anda dapat memakai masker rambut dengan resep di atas dua kali seminggu sekali atau seminggu sekali untuk rambut yang rusak dan kering, semoga bermanfaat.


Kontrol kerusakan rambutmu!


Lebih mencegah daripada memperbaiki rambut rusak. 

Sayangnya, ketika kultikel rambut rusak, rambut tidak dapat kembali mejadi 100% seperti semula. 
Ada kasus dimana setitik pencegahan lebih baik daripada jutaan perbaikan. Setitik pencegahan inilah dimana penggunaan pelembab sangat penting. Struktur internal rambut sangat bergantung pada kaitan sulfur yang kuat dan kaitan hidrogen lemah. 
Tanpa kelembaban yang cukup, jumlah hidrogen dapat berkurang. 
Kondisioner mengembalikan kaitan hidrogen dan memperbaiki kelembaban rambut yang rusak dengan cara menjaganya dari cuaca yang keras.

Bahan yang menjadi bintang dalam kondisioner Pantene adalah dimethicone yang telah diberikan muatan positif, sebuan komponen silikon pintar yang memperbaiki tempat-tempat kerusakan rambut. 
Dimethicone juga melindungi rambut dari kerusakan dengan cara memperkuat rambut dalan penyisiran dan penataan pada kondisi rambut basah maupun kering.

Bahan pelembab rambut lain yang dapat melenghaluskan lapisan luar kultikel mengandung fatty alcohols, yang diketahui dapat menembus dan mengembalikan kelembaban rambut yang rusak.

Memiliki pengetahuan tentang hal-hal yang dapat membuat rambut rusak adalah langkah pertama untuk menjaga keindahan rambut ada. Ini adalah hal-hal yang paling sering menjadi penyebabnya:

Tidak mengerti kondisi rambutmu dan menggunakan perawatan dan penataan rambut yang tidak tepat. Ketahuilah kondisi rambutmu untuk mencegah rambut rusak.

Mewarnai rambut lebih muda secara berlebihan dapat merusak rambut. Umumnya, dianjurkan untuk tidak mewarnai rambut 2 warna lebih muda atau 2 warna lebih tua dari warna rambutmu sesungguhnya.

Tetap memperbaiki kerusakan yang telah terjadi. Kita semua memiliki tragedi dalam menjaga rambut kita, tapi terkadang hal terbaik yang dapat dilakukan adalah membiarkannya tumbuh dari segala macam kerusakan yang telah terjadi, termasuk perwarnaan dan model potong. 
Daripada membenarkan warna rambut yang salah dengan mewarnainya lagi, dengan sedikit kesabaran akan menghindarkanmu menghabiskan waktu dan uang yang tidak efektif.

Tidak menggunakan pelembab. Amat sangat dianjurkan untuk menggunakan kondisioner setelah keramas.


Terima kasih dan Selamat Ladies ^^

Tidak ada komentar