23 Tips dan Cara Bikin CV Kamu Dilirik HRD Perusahaan Besar

Pasang Wifi myrepublic bsd

Baca Juga

23 Tips dan Cara Bikin CV Kamu Dilirik HRD Perusahaan Besar

Ihsan Magazine -  Bingung kok sampai sekarang CV atau daftar riwayat hidupnya belum ada yang jebol? Hmm, mungkin kamu perlu mengubah sedikit CV kamu supaya terlihat outstanding dan melihat contoh daftar riwayat hidup yang menarik.

Bingung sudah kirim  ribuan hingga jutaan Surat lamaran dan CV kok gak di panggil panggil? 

Well, selamat ya. Ternyata nggak kamu doang. Jadi, gimana caranya supaya dia tertarik melihat CV kamu? Ada beberapa trik & cara yang Saya berhasil kumpulkan untuk membuat CV kamu dilihat oleh HRD, spesial buat kamu! Ini dia


Format CV Menarik dan Professional


Format CV Menarik dan Professional. (Sumber:)
Format CV Menarik dan Professional. 

Tampilkan keunikan dan keunggulan kemampuan personal kamu. CV kamu harus mampu merepresentasikan kompetensi, pengalaman, dan gaya presentasi diri kamu. 

Profesional yang dimaksudkan di sini tak harus bersifat formal dan membosankan, melainkan kamu harus membuat diri kamu tampil semenarik mungkin  pada CV yang kamu buat.

Tips : Usahakan desain nya jangan blink blink alias norak banyak warna nya yang tidak sinkron, karena HRD Males dengan Anak Alay dan anda akan dilihat seperti anak kecil baru lulus SMP.

Singkat dan Padat


Kayaknya, mending CV harus singkat dan padat aja deh. (Sumber: hotneukpophj)
Kayaknya, mending CV harus singkat dan padat aja deh. 

Jangan terlalu banyak membuang halaman, CV sebaiknya dibuat singkat dan padat. Agar pembaca tidak bosan, panjang CV disarankan maksimal dua halaman.

Tips : jika kamu memiliki pengalaman kerja yang banyak, usahakan hanya masukkan 3 - 6 maksimal jabatan yang kamu pernah dapat, karena HRD Males jika melihat CV Yang Riwayat kerja nya banyak tapi cuma 3 bulan atau cuma 6 bulan, Usahakan tulis Saja minimal 1 Tahun, 2 Tahun bahkan 5 TAHUN!

78% Pasti CV Kamu dilirik oleh HRD Dan langsung Interview

Data Diri Lengkap


Data Diri Lengkap. (Sumber: baike.m.sogou)

Cantumkan alamat profesional kamu, termasuk nomor handphone dan e-mail untuk korespondensi. Pastikan email kamu bukan nunaCh4nti9ue89@yahoo.com yah! 

Pastikan juga semua data komunikasi yang kamu isikan, dapat dihubungi kapan saja oleh penerima CV. Di dunia professional, seseorang bisa dikatakan “professional” atau “tidak professional” hanya dengan menilai apakah ia sanggup mengangkat telepon kapan pun dibutuhkan.

Bertujuan Jelas


"Ih, CV apaan nih?!" (Sumber:)

Tuliskan jabatan yang dituju, sesuai kode yang perusahaan berikan, jika ada. Serta utarakan kenapa kamu memilih perusahaan tersebut. 

Pastikan kamu melamar pada perusahaan yang pekerjaannya sesuai dengan passion kamu, atau setidaknya kamu menyukainya. Jika tidak, sebaiknya tidak usah melamar. 

Setiap perusahaan mencari pegawai yang mencintai apa yang dikerjakannya dan mengerjakan apa yang dicintainya.

Pendidikan, Pelatihan, Prestasi


kasih tau, apa aja prestasi kamu. (Sumber: flickr)

Dalam kualifikasi, beri penekanan pendidikan atau pelatihan yang pernah kamu ikuti. Cantumkan penugasan, proyek individu, proyek kelompok, presentasi, nilai, prestasi yang pernah diraih, apa pun yang membuat kamu menonjol dan relevan dengan posisi yang diincar. Proporsi pencantuman antara tugas dan prestasi, perlu seimbang.

Pengalaman


Pernah jadi volunteer? masukin aja. (Sumber: di sini)

Cantumkan pengalaman kerja bermakna yang pernah kamu jalani, baik secara profesional maupun sukarela, yang relevan. 

Termasuk kerja sukarela, penempatan saat Praktek Kerja Lapangan berkaitan dengan mata kuliah yang kamu ambil.

Kemampuan Khusus


Kemampuan khusus. (Sumber: allianceabroad)

Jelaskan pula kemampuan khusus apa yang kamu miliki dan kamu sangat skill-able dalam bidang itu. Misal: kepemimpinan, time management, project management, social media, design, photography, dan lainnya.

Referensi


Berikan referensi. (Sumber:)


Jika ada pihak tertentu yang merekomendasikan perusahaan tempat kamu akan bekerja, cantumkan nama pihak pemberi referensi yang bisa menambah kredibilitas kamu. Bisa tokoh di bidang kreatif, mentor saat bekerja sebelumnya, dosen pembimbing, atau seseorang yang memiliki reputasi baik di bidang yang dilamar dan pastikan orang atau institusi yang merekomendasikan kamu telah mengenal pribadi kamu dengan baik sebelumnya. 

Mintalah izin terlebih dahulu pada pihak pemberi referensi, bahwa nama mereka kamu sertakan, dan kirim update CV terakhir kamu ke alamat pemberi referensi sebagai backup data kamu saat dihubungi pihak perekrut.

Hindari kesalahan - kesalahan dalam membuat CV Seperti di bawah ini : 



1. Subjek pada email nggak dituliskan dengan jelas. Padahal HRD akan mendahulukan lamaran kerja dengan subjek yang jelas, lho!

subjek email


2. Jangan sampai alamat email yang kamu gunakan untuk mengirim lamaran kerja adalah email alay, alias nggak pakai nama asli

alamat email

Menyedihkan memang, masih banyak pelamar kerja yang menggunakan alamat email yang alay bahkan norak untuk mengirimkan lamaran kerjanya. Ketahuilah bahwa HRD akan merasa nggak nyaman saat mengetahuinya. Jangan harap kamu bakal dipanggil interview, deh!
Gunakan email dengan nama asli kamu saja. Boleh diutak-atik, dibalik, atau disingkat. Asal jangan @meilysiiipencaricintasedjati aja, ya. Norak!

3. Ukuran file yang terlalu besar membuat HRD kesulitan membuka berkas lamaran kamu, sesuaikan permintaan perusahaan jika ada, ya!

compress dulu

Akan lebih disukai jika seluruh berkas kamu ubah menjadi file PDF lalu jadikan 1 file dengan format zip/rar, karena cenderung lebih rapi dan kecil ukurannya.

4. Nama attachment nggak sesuai dengan nama di file aslinya, ini membingungkan HRD, lho!

nama attachment

Coba lihat nama-nama berkas untuk lamaran kerja kamu. Pastikan nama di attachment sesuai dengan nama di file aslinya. Beberapa bagian HRD malas untuk mengunduh attachment jika nama file-nya nggak sesuai isinya.
Cukup tuliskan dalam nama file maupun nama attachment seperti ini misalnya: CV_Meily, Ijazah_Meily, dan lainnya

5. Nggak mencantumkan tanggal dalam surat lamaran atau sudah kadaluarsa, HRD cukup perhatian soal ini

tanggal surat lamaran

Kebetulan kamu melamar di banyak tempat lalu lupa mengedit surat lamaran yang sebelumnya kamu kirim juga ke perusahaan lain. Pantas saja kamu nggak kunjung dipanggil interview. Bisa jadi hanya karena kesalahan menulis tanggal ini, HRD menganggapmu kurang serius.
Surat lamaran sebaiknya kamu ketik langsung di badan email untuk menunjukkan keseriusanmu. Jadi HRD nggak asal menganggapmu copy-paste dari lamaran kerja sebelumnya.

6. Ukuran font terlalu kecil atau terlalu besar bikin HRD kesulitan membacanya, belum lagi kalau jenis font-nya yang aneh

font normal

Semakin simpel CV tetapi lengkap, akan semakin bagus. Tapi kalau CV-mu hanya terdiri dari satu halaman dengan ukuran font yang terlalu kecil, kamu nggak akan dianggap serius. Buatlah CV dengan jenis dan ukuran font yang formal atau resmi.
Gunakan font jenis Times New Romans dengan ukuran 12 dan buat CV menjadi 2 halaman.

7. CV-mu sampai 4 halaman? HRD bakal langsung skip dan pilih CV lainnya. Mereka malas baca!

2 lembar aja

CV sebanyak 2 halaman adalah yang paling ideal untuk melamar pekerjaan. Bagaimana jika 3 halaman? Ya, masih diterima. Tapi jika kamu punya beberapa hal penting dan banyak pengalaman non formal untuk dituliskan, maka CV-mu akan menjadi 4 halaman. Siapa yang punya waktu untuk membaca CV sebanyak itu?
Sortirlah pengalaman non formal yang ingin kamu cantumkan pada CV. Buatlah maksimal 2 halaman.

8. CV warna-warni seperti pelangi? Apa kabar ya?

colorful-resume

Kamu ingin melamar pekerjaan atau sedang mengikuti pelajaran kesenian? Atau kamu malah menganggap CV dengan font berwarna merah kuning hijau akan menarik perhatian HRD? Tentu tidak. Memang terlihat eye catching tapi justru kamu akan dianggap nggak serius oleh HRD.
Pilihlah font warna hitam dan jangan sesekali kamu memberikan sentuhan-sentuhan warna yang mencolok mata. Sewajarnya saja.

9. Ada banyak kesalahan atau typo dalam penulisan CV atau lamaran. Duh, kamu serius nggak sih?

banyak typo
banyak typo via update.ahloo.com
Jika baru melihat CV-mu, HRD telah menemukan banyak typo, bukan nggak mungkin jika kamu dinilai nggak cukup kompeten. Maka pastikan kamu telah mengecek CV dan cover letter di badan email dengan baik. Kesalahan penulisan bisa jadi indikasi bahwa kamu terburu-buru dalam menuliskannya atau bahkan kesan kamu nggak terlalu serius dalam melamar.

10. Mungkin selama ini kamu nggak sadar, lampiran pasfoto ala kadarnya hasil jepretan HP nggak akan pernah menarik perhatian HRD

pasfoto

Foto selfie pakai HP dengan latar tembok lalu diedit nggak akan pernah dilirik oleh HRD. Pasfoto bagi HRD itu penting, karena menunjukkan keseriusan seseorang dalam mencari pekerjaan. Gunakan foto yang diambil di studio foto agar mendapatkan hasil yang diinginkan.

11. Kamu nggak menjelaskan deskripsi keahlian dan pengalaman kerja, singkat tapi kurang dimengerti

deskripsi kerja

Setiap HRD punya penilaian masing-masing. Salah satu faktor yang membuat HRD malas memanggilmu untuk interview adalah pelamar hanya mencantumkan keahlian tanpa penjelasan atau yang sudah berpengalaman justru nggak menjelaskan job deskripsi di perusahan sebelumnya.
Misalnya,
  • Microsoft Excel: saya menguasai beberapa formula dan fungsi dasar
  • Photoshop: meski tidak terlalu mahir, tetapi saya dapat melakukan editing foto
  • Untuk pengalaman, misalnya: saya dahulu bekerja di bagian teknisi dan jelaskan bagaimana pekerjaan di perusahaan sebelumnya

12. Kamu nggak mencantumkan kenalan ‘orang penting’ atau orang yang merekomendasikan kamu untuk lowongan pekerjaan baru

rekomendasi

Punya pengalaman kerja bertahun-tahun di perusahaan besar bukan berarti dengan mudah masuk ke perusahaan yang kamu lamar jika kamu nggak punya koneksi yang bagus.
Kalau kamu punya kenalan ‘orang penting’, cantumkan kontaknya, agar ia bisa merekomendasikan kamu kepada perusahaan yang kamu lamar.
Sayangnya masih banyak lho para job seeker yang melakukan ‘kesalahan sepele’ tersebut.

Oia untuk pengetik nya juga harus diperhatikan yah, jika mau bikin kata kata di dalam CV Yang tidak pasaran, baca artikel yang satu ini :

7 Pilihan Kata yang Bikin CV-mu Jauh Lebih Meyakinkan dan Nggak Pasaran!

Semoga bermanfaat dan semoga berhasil, harus selalu berjuang dan jangan patah semangat yah, saya dulu juga gitu kok sampai kirim CV Ke seluruh jakarta dan tangerang, akhirnya dapet di BSD, hehe

Tidak ada komentar