5 Cara Ampuh Atasi Handphone Android Kamu Agar Tidak Ngelag dan Ngehang

Pasang Wifi myrepublic bsd

Baca Juga


Ihsan Magazine - Mau tahu cara ampuh mengatasi handphone android kamu yang sering ngelag dan ngehang pas main games atau buka aplikasi? Bahkan untuk kamu dengan RAM Terbatas pun juga bisa Menyelesaikan masalah ini, Mau tahu?

Ini dia Jawaban nya, akan saya bahas satu persatu

Cara Mudah dan Ampuh Mengatasi HP Android Lag, Hang dan Macet
  • Jangan Gunakan Live Wallpaper


Bagi yang belum tau apa itu live wallpaper maka saya akan jelaskan, live wallpaper tujuanya untuk memperindah tampilan di smartphone dengan memasang live wallpaper. Namun yang perlu anda ketahui bahwa live wallpaper ternyata membuat hp android menjadi lebih lambat yang lebih parah menjadi lag atau hang. Nah untuk terhindar dari lag dan hang maka anda harus tidak menggunakan live wallpaper di android anda.


  • Hapus Cache di HP Android
 
Perlu sobat ketahui ketika main game dan membuka banyak aplikasi, maka setiap data akan diterima dan di simpan menjadi file temporer yang biasa kita sebut cache. Cache ini akan tersimpan di memori internal, ketika cache sudah menumpuk dalam jumlah yang banyak pasti sistem operasi android akan menurun kinerjanya begitu juga hp android akan menjadi lag dan hang ketika menjalnkan aplikasi lain karena sudah penuh cache.


  • Upgrade OS
 
Nah yang kedua ini cukup efektif sob, jadi ketika hp android lag ketika menjalankan aplikasi bisa juga aplikasi sudah tidak komaptibel dengan os android yang lama. Jadi alangkah lebih baik anda mengupdate sistem operasi menjadi versi baru. Selain itu dari segi fitur dan tampilan tentu akan lebih menarik lagi.


  • Bersihkan Data Aplikasi & Game tidak Terpakai
 
Kemudian yang selanjutnya adalah dengan membersihkan aplikasi dan game yang sudah tidak anda pakai lagi, cara ini cukup efektif ketika anda mengalami lag dan hang pada android sobat. Saya menghapus aplikasi yang tidak pernah saya gunakan seperti google map, google plus dan sebagainya. 

  • Buka Setting / Pengaturan
  • Aplication Manager > Pilih aplikasi yang ada di hp mu.
  • Klik Clear Data untuk membersihkan data log dan sebagainya.
Ini sebenarnya aplikasi bawaan yang memang tidak pernah saya gunakan. Cara membersihkan datanya sebagai berikut.

  • Uninstall / Hapus Aplikasi tidak Terpakai
Cara terakhir adalah dengan menghapus aplikasi yang terpasang pada hp android anda, ketika aplikasi menumpuk terlalu banyak tentu sangat memberatkan hp android. Pasalnya ketika anda menginstall aplikasi biasanya terinstall di memori internal, padahal memori internal juga biasa digunakan untuk pemrosesan data. Jika terlalu banyak aplikasi yang terinstall maka akan cepat lag atau hang android anda. Berikut adalah cara mengatasi android lag dengan menghapus aplikasi tidak terpakai :
  • Menuju ke menu setting
  • Selanjutnya klik Aplication Manager > Pilih aplikasi
  • Kemudian klik Uninstall, dan tunggu beberapa saat hingga aplikasi benar-benar terhapus.
Untuk mengatasinya anda mau tidak mau harus mencopot beberapa aplikasi yang memberatkan dan aplikasi yang tidak dipakai, cara ini cukup efektif dan mudah dilakukan. Dengan begitu sistem sekaligus memori hp android lebih longgar dan akan terhindar dari lag juga hang.

Jika tidak berpengaruh juga, berarti harus di ROOT

Penyebab smartphone menjadi sering nge-lag itu ada banyak, diantara nya adalah:


1. Terlalu banyak menginstall aplikasi. Solusi: uninstall aplikasi yang tidak dibutuhkan dan install aplikasi yang penting-penting saja.
 
2. Memori Internal Sudah Penuh. Solusi: rajin-rajinlah membersihkan cache setelah membuka browser, bermain game, membuka aplikasi, dan sebagainya, karena cache yang menumpuk dapat membenani memori internal dan bisa membuat ponsel jadi lemot. 

3. Memory RAM Penuh
 

4. ROM tidak stabil (ada bug Atau file yang error di dalam sistem)

Saya yakin jika sudah mengaplikasi cara diatas tidak akan ngelag lagi, tapi jika masih ngelag,patah patah, ngehang, macet pada saat main game, LIHAT CARANYA DISINI

Semoga membantu, saya yakin pasti sangat bermanfaat untuk kamu yang ingin main game dan aplikasi lancar.

Tidak ada komentar