Tanaman hias dapat berasal dari semua jenis tumbuhan, baik yang berbentuk semak, merambat, perdu, dan juga pohon. Biasanya tanaman hias ditanam sebagai elemen bagian dari taman, kebun, halaman rumah hingga ada yang ditempatkan dalam vas sebagai penghias interior ruangan.
Selain warna dan aroma bunganya termasuk batang, daun, buah, serta pepagan juga dapat dijadikan elemen tanaman hias yang bisa dimanfaatkan. Contohnya dari beberapa ranting tumbuhan yang dapat mengeluarkan aroma segar dan pengharum ruangan.
Selain bentuk dan jenisnya, perhatikan pula cara penempatan tanaman hias yang sesuai habitat alaminya agar disukai tumbuhan untuk bertahan hidup. 
Nah bagi anda pecinta tanaman hias untuk mempercantik hunian Anda, inilah jenis tanaman penghias beserta cara penempatan dan perawatannya.
Saka Asparagus Plumosus
Jenis tanaman hias ini memiliki daun yang lebat menyerupai jarum tapi dengan tekstur yang halus. Potongan batang yang berdaun, ditambah lagi beberapa bunga yang indah, jadi Anda dapat menggunakan sebagai penghias halaman rumah Anda. Dan jenis ini sangat mudah sekali ditanam, asalkan ditempatkan pada tempat yang tidak terkena langsung terik matahari. Tanaman ini juga cocok dengan lingkungan yang lembab dan pastinya tidak kekurang air.
Dieffenbachia
Jenis ini dikenal tanaman yang mudah di jumpai serta praktis perawatan dan pengembangannya karena sifatnya yang tahan dalam suatu ruangan meskipin untuk jangka waktu yang telah ditentukan. Warnanya yang cenderung memiliki warna gelap jika ditempatkan di dalam ruangan yang tidak terkena sinar matahari. Jadi tidak ada salahnya jika tanaman ini Anda jadikan sebagai tanaman indoor. Bila ditempatkan dalam ruangan, tanaman yang satu ini selain mempercantik ruangan juga bermanfaat menyaring udara menjadi lebih bersih dan segar. Menanam di halaman rumah juga bisa membantu mengurangi gas polutan. Tetapi, Anda juga perlu berhati-hati dengan getah yang di keluarkan tanaman yang satu ini. karena dapat menimbulkan gatal-gatal dan kejang pada bibir atau lidah juga kerongkongan jika mengenainya.
Suplir
Selain memiliki beragam daun jenis dan varietas, suplir juga memiliki tampilan cukup cantik dengan daunnya yang kecil serta dapat memberi suasana segar. Namun tanaman ini ternyata sangat sulit dipelihara karena membutuhkan satu lingkungan yang memiliki suhu lembab dengan udara yang bersih pastinya.
Habitat asli tanaman yang satu ini biasanya terdapat di pinggir-pinggir sungai yang bernaung di pepohonan yang agak rimbun karena suplir hanya butuh sedikit cahaya. Karenanya perawatannya sebagian tempat haruslah teduh. Jenis tanaman ini tidak terlalu membutuhkan banyak air, asalkan tempatnya saja memiliki suhu lembab tapi tidak basah dan juga tidak terlalu kering maka tanaman ini sudah bisa tumbuh dengan baik.
Kuping Gajah
Tanaman Kuping Gajah adalah termasuk jenis tanaman hias daun yang sangat populer di masyarakat. Dengan bentuk daunnya yang lebar menyerupai seperti telinga gajah. Daun dari kuping gajah memiliki warna hijau tua dengan urat-urat hijau muda keputihan pada bagian tengahnya, tanaman ini juga termasuk kedalam golongan Anthurium. Daun dari tanaman kuping gajah ini memiliki daya pikat tersendiri terutama dari bentuk daunnya yang terbilang istimewa. Dan keistimewaan lainnya adalah tanaman ini mudah untuk kita rawat, karena perawatannya cenderung fokus kepada daunnya saja. Dari jenis tanaman Anthurium cukup membutuhkan cahaya sinar matahari sedikit saja, tempat yang teduh seperti teras depan rumah atau teras belakang rumah bisa menjadi tempat yang sangat cocok bagi Anthurium yang satu ini.
Aglaonema
Tanaman aglaonema ini memiliki daun berbentuk lonjong berwarna hijau, juga dihiasi bintik-bintik dengan garis berwarna abu-abu perak. Nama lain dari tanaman ini adalah dikenal Sri rejeki. Tanaman ini terbilang sangat mudah untuk ditanaman tanpa harus membutuhkan perawatan secara intensif, asal cukup asupan cahaya matahari tidak langsung mengenai dan lingkungan yang lembab. Anda juga harus hati-hati untuk ruangan terlalu panas apalagi kering di musim kemarau, sebab tanaman ini akan mudah layu.
Keladi Red Star
Tanaman yang dikenal karena kecantikan uratnya pada daunnya yang memiliki bentuk bintang berwarna merah cerah, memiliki tangkai daun yang agak berwarna kemerahan di padukan dengan warna belang-belang hitam.Keladi hias termasuk jenis tanaman yang sangat mudah kita tanam, tanaman hias ini juga gampang untuk kita kembangkan asalkan media tanamnya tetap dijaga dengan lembab. Tanaman ini sebaiknya kita simpan pada tempat yang terkena sinar matahari secara langsung dan menyeluruh, supaya warna merah pada urat daunnya semakin kuat.
Kemudian untuk perawatan tanaman hias ini cukup disiram sekali dalam sehari, dan usahakan penyiraman langsung ke medianya, jangan hanya pada daunnya saja. Maka ketika media yang digunakan menjadi lembab, keladi ini akan tumbuh dengan cantik dan mempesona, lebar dan warna yang ada pada daunnya pun akan lebih menarik.