Ini dia 5 Desain Gedung Menakjubkan Terinspirasi dari Alam

Pasang Wifi myrepublic bsd

Baca Juga

Ini dia 5 Desain Gedung Menakjubkan Terinspirasi dari AlamAlam, selain sebagai sumber kehidupan bagi manusia, ternyata juga memberikan inspirasi serta ilham pada seseorang dalam membuat sebuah karya, termasuk di dalamnya karya-karya bangunan. 
Pada dunia arsitektur sendiri dikenal sebuah gaya yang dinamakan biomimetic alias desain bangunan yang mereplikasi benda-benda di alam ini, baik itu hewan atau tumbuhan.
Bangunan - bangunan biomimetic ini tidak hanya terinspirasi dari bentuk benda alam, tapi juga didesain ramah lingkungan. Contohnya seperti beberapa karya arsitektur biomimetic yang sangat mengesankan berikut ini.
Eastgate Centre, Zimbabwe
Bangunan bernama Estgate Centre yang terletak di Harare, Zimbabwe, Afrika Selatan ini sangat merepresentasikan karya arsitektur ramah lingkungan dan adaptasi ekologis yang sensitf. Betapa tidak, komplek perkantoran dan pusat perbelanjaan terbesar di negara tersebut ini benar-benar mengadaptasi prinsip desain sebuah sarang rayap.
Mick Pearce, sang arsitek mendesain bangunan ini tanpa pendingin atau pemanas ruangan sama sekali. Namun begitu, di tiap ruangan tetap memiliki suhu yang membuat orang-orang di dalamnya nyaman. Dengan desain biomimetic ini, pengelola dan pemilik gedung pun bisa menghemat banyak anggaran dari biaya yang tak digunakan tersebut.
Chameleon House, Praha
Layaknya seekor iguana, rumah ini memiliki “mata” yang memungkinkan penghuninya melihat pemandangan sekeliling rumah, atau 360 derajat. Perusahaan desainer dan arsitektur Petr Hajek Archtekti membuat bangunan rumah ini untuk sebuah keluarga di Praha, Republik Ceko. Bukan tanpa alasan, sang klien menginginkan huniannya didesain seperti karena memang pemandangan padang rumput di mana rumah itu dibangun sangat menenangkan.
Tidak hanya desainnya, eksterior rumah tersebut pun mengadaptasi sifat iguana yang bisa bermimikri alias berganti warna. Caranya adalah dengan menggunakan coating semi-glosi yang memiliki sifat reflektor.
Mapungubwe NP, Afrika Selatan
Taman Nasional Mapungubwe di Afrika Selatan kini makin ramai dengan kehadiran sebuah karya arsitektur berpenampakan alami yang berguna sebagai Pusat Terjemahan. Pemandangan lanskap alam yang luar biasa di taman nasional tersebut, menginspirasi para arsitek dari Peter Rich Architects untuk membuat bangunan yang juga bernuansa sama.
Proyek pembangunan Pusat Terjemahan ini dieksekusi langsung oleh masyarakat setempat. Mereka diajarkan bagaimana memanfaatkan padang gurun yang letaknya tak jauh dari taman nasional, sebagai material bahan bangunan. Ini merupakan persembahan terbaik hasil kolaborasi humanity dan mother earth.
Park Royal Hotel, Singapura
Biomimetik 6
Biomimetik 6
Jantung kota Negara Singapura menjadi tempat berdirinya Hotel Parkroyal karya dari perusahaan WOHA. Apa yang membuat hotel ini sangat unik adalah desainnya yang menggunakan biomimetic style sebagai bentuk pendekatan ke arah bangunan eco friendly.

Tidak ada komentar